gdgfsdgsdfgsd
gdgfsdgsdfgsd

Contoh Majas Metafora Yang Benar

Contoh-Contoh Majas Metafora - Setelah sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian majas serta jenis jenis majas, kali ini saya akan mencoba memberikan contoh salah satu jenis majas yaitu majas metafora, naum sebelum membahas lebih jauh tentnag contoh contoh majas metafora ini kita harus faham dulu apa itu majas metafora. Dalam memahami majas metafora pertama kita harus bisa mengkategorikan bentuk majas metafora tersebut , karena majas metafora menurut Orrecchioni dibagi menjadi dua yaitu: 

A. Majas metafora in praesetia

Artinya apa yang hendak dibandingkan disandingkan bersamaan dengan pembandingnya.
B. Majas metafora in absentia

Artinya perbandingan tidak menuju langsung pada obyek yang di maksud.
Untuk memahami majas metafora in praesetia dan in absentia kami akan berikan beberapa contoh majas Metafora untuk memahami definisinya, sehingga tidak sulit nanti dalam pemahamanya.

Contoh majas Metafora in praesetia

1. “Hari ini rasanya pikiranku sejernih embun pagi"

Maksud dari kalimat tersebut adalah bahwa saya hari ini pikiranya jernih tidak terbebani suatu apapun. Dengan kata sejernih embun pagi berarti menggunakan kata kiasan akan tetapi artinnya sama. Kalimat di atas mengacu pada majas metafora in praesetia karena jelas yang di maksud sejernih embun pagi pikiran saya
2. “Budi setelah bapaknya meninggal Dunia sekarang menjadi tulang punggung keluarga” 

Maksud dari kalimat di atas yaitu setelah bapaknya budi mati dia menjadi orang yang bertanggung jawab mencari nafkah. Dari kalimat di atas ada dua kata yang mengacu pada majas metafora yaitu “meninggal Dunia’ dan “tulang punggung”.
Dua kata tersebut mengungkapkan keadaan bapaknya Budi mati dan penggantian dalam mencari nafkah harapan keluarga. Kalimat di atas mengandung majas metafora in praesetia karena yang mati bapaknya budi dan menjadi harapan keluarga Budi. 

3. “Arman terjebak dalam Dunia hitam sejak di PHK” 

Maksud dari kalimat tersebut bahwa Arman setelah di PHK menjadi seorang yang tidak mematuhi norma yang berlaku dalam masyarakat (dianalogikan Dunia hitam). Karena yang menjadi obyek tidak mematuhi norma yang berlaku dalam masyarakat yaitu si Arman maka jelas kalimat tersebut mengandung majas metafora in praesetia.

Contoh majas Metafora in absentia

1. “Para bunga desa kampung itu banyak yang merantau ke Jakarta” 

Maksud kalimat tersebut di atas bahwa “bunga desa” itu para gadis. Akan tetapi disini yang di maksud bunga desa atau para gadis tidak jelas menuju kepada siapa sebagai obyek, sehingga artinya lebih luas, maka dari itu kalimat di atas mengandung unsur majas metafora in absentia.
2. ”Di taman itu sekarang menjadi tempat kupu kupu malam” 

Maksud kupu kupu malam di atas adalah wanita penjaja komersial, akan tetapi sebagai obyeknya tidak jelas menuju kepada siapa sehingga kalimat tersebut mengandung majas metafora in absentia.
Untuk mempertegas contoh antara majas metafora in praesetia dan majas metafora in absentia marilah kita simak contoh di bawah ini sebagai perbandinganya. 

’’Budi sangat keras kepala terhadap pendirianya’’ 

Sebagai obyek jelas yaitu budi, yang keras kepala maka ini metafora in praesetia 
Warga di kampung itu keras kepala, himbauan dari Kepala Desa tidak di perhatikan” 

Sebagai obyek mempunyai arti lebih luas karena yang di maksud keras kepala yaitu semua warga, memperhatikan kalimat ini maka termasuk metafora in absentia. Meskipun kedua kalimat di atas sama sama menggunakan kata kata yang sama yaitu keras kepala sebagai gaya bahasanya akan tetapi mempunyai arti yang berbeda dengan rangkaian kata kata yang berbeda.
Sebagai kesimpulanya antara majas metafora in praesetia dan majas metafora in absentia yaitu metafora in praesetia sebagai makna gaya bahasanya lebih khusus mengenai obyeknya sedangkan metafora in absentia mempunyai makna gaya bahasa lebih luas mengenai obyeknya.

Semoga artikel tentang contoh contoh majas metafora yang benar ini bermanfaat dan jangan lupa simak juga contoh majas lainnya yakni contoh majas personifikasi di artikel yang sudah saya posting sebelumnya. Terimakasih sudah berkunjung di blog Sejuta Mimpi, blognya pemimpi.

WARNING...!!!

Mohon untuk tidak mengcopy artikel ini untuk keperluan blog tanpa mencantumkan
LINK SUMBER

0 komentar:

Poskan Komentar

Sorry om,,, Cuman koment RELEVAN en kaga' ada link aktifnya yang ane publis...