gdgfsdgsdfgsd
gdgfsdgsdfgsd

Cara Daftar NPWP Secara OnLine Terbaru 2016

Cara daftar NPWP online - NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah tanda pengenal untuk tiap Wajib pajak dalam kegiatan administrasi perpajakan, jadi gampangnya NPWP itu semacam KTP dalam urusan pajak.

Pada dasarnya pengertian pajak berdasarkan Undang- Undang Ketentuan umum dan Tata cara perpajakan (KUP) adalah:kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. dari pengertian ini sebenarnya semua warga negara wajib punya NPWP. namun dijelaskan lagi dalam UU ini yang wajib memili NPWP adalah mereka yang telah memenuhu persyaratan objektif dan subjektif.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendaftar NPWP, pertama mendaftarkan diri pada kantor Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan Wajib Pajak, persyaratannya cukup hanya dengan membawa KTP saja, prosesnya cepat namun tempat mendaftarnya harus sesuai dengan domisili KTP, misal KTP Bali, biarpun tinggal di jakarta harus mendaftar di KPP bali, Tentu repot kan?, tapi jangan khawatir karena masih ada cara kedua yakni mendaftar NPWP secara online, dan itulah yang akan saya jelaskan pada artikel kali ini.

Cara daftar NPWP online

Untuk bisa mendaftar NPWP secara online sobat hanya butuh alamat email, jika belum memiliki email silahkan simak dulu caranya dengan mengklik link berikut ini Daftar email gmail, jika sudah memiliki email maka silahkan menuju ke sasaran denagn mengklik link berikut ini https://ereg.pajak.go.id/login dimana akan terlihat tampilan seperti gambar dibawah ini


Klik daftar untuk memulia proses dimana akan terlihat tampilan seperti gambar dibawah ini

Masukkan alamat email dan kode caocha dimasing masing kolom yang tersedia kemudian klik Daftar


Tahap pertama selesai, klik tutup, selanjutnya masuk ke email. Cek kotak masuk atau folder spam, sobat akan meneria email dari eregistration@pajak.go.id buka lalu klik link yang ada didalam pesan tersebut, selanjutnya akan terbuka tab baru, tampilannya seperti gambar dibawah ini


Masukkan data data yang diminta

Contoh

Jenis WP :Orang Pribadi
Nama Sesuai KTP :Frdiansyah
Alamat email :Theund12@gmail.com
Password :brekelekele
Ulangi password :brekelekele
Nomor HP :081238725321
Pertanyaan :Pilih satu pertanyaan yang tersedia
Jawaban :beri jawaban dari pertanyaan yang tadi di pilih
Selanjutnya masukkan kode capcha dikolom yang tersedai lalu klik Daftar


Proses daftar NPWP kedua selesai, cek email kotak masuk email yang sobat masukkan tadi, klik link tautan yang ada dan akan muncul tab baru, tampilannya seperti gambar dibawah ini


Akun NPWP sudah selesai di buat, selanjutnya klik tulisan Klik disini untuk memulai Pendaftaran NPWP, selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar pertama tadi, masukkan alamat email dan kata sandi dimasing masing kolom yang tersedia, Setelah login,sobat akan dialihkan ke halaman Registrasi Data WP untuk memulai proses pembuatan NPWP. isi semua data dengan benar pada formulir yang tersedia, bila data yang diisi benar, akan muncul surat keterangan terdaftar sementara.

Setelah semua data pada formulir pendaftaran di isi dengan lengkap, klik tombol daftar untuk mengirim Formulir Registrasi Wajib Pajak secara elektronik ke Kantor Pelayanan Pajak tempat Wajib Pajak terdaftar, selanjutnya sobat harus mencetak dokumen berikut seperti yang tampak pada layar komputer:

    Formulir Registrasi Wajib Pajak
    Surat Keterangan Terdaftar Sementara

Selanjutnya klik Cetak.
Setelah Formulir Registrasi Wajib Pajak dicetak, silakan ditandatangani, kemudian siapkan dokumen berikut:

    Fotokopi KTP bagi perorangan/pribadi
    Seluruh dokumen yang telah disiapkan pada poin 1.
    Kirimkan Formulir Registrasi Wajib Pajak ke KPP

Setelah berkas kelengkapannya siap, sobat harus mengirimkan Formulir Registrasi Wajib Pajak, Surat Keterangan Terdaftar Sementara yang sudah ditandatangani, beserta dokumen lainnya ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat sobat sebagai Wajib Pajak terdaftar. Berkas tersebut dapat diserahkan langsung ke KPP atau melalui Pos Tercatat. Pengiriman dokumen ini harus dilakukan paling lambat 14 hari setelah formulir terkirim.

Sobat tidak perlu menyerahkan atau mengirimkan berkas secara langsung atau melalui pos ke KPP, sobat dapat memindai (scan) dokumen Anda dan mengunggahnya dalam bentuk soft file melalui aplikasi e-Registration tadi.

Cek status dan tunggu kiriman kartu NPWP. Setelah mengirimkan berkas dokumen, sobat dapat memeriksa status pendaftaran NPWP melalui email atau di halaman history pendaftaran dalam aplikasi e—Registration. Jika statusnya ditolak, maka harus memperbaiki beberapa data yang kurang lengkap. Namun jika statusnya disetujui, maka kartu NPWP akan segera dikirim ke alamat yang tertera melalui pos.

Sampai disini saya yakin semua sudah jelas dan sobat sudah bisa mengikuti langkah langkahnya, jadi selamat mendaftar NPWP secara online dan terimakasih atas kunjungannya di blog sejuta mimpi, blognya pemimpi.

Baca Juga
Daftar BPJS ONLINE

WARNING...!!!

Mohon untuk tidak mengcopy artikel ini untuk keperluan blog tanpa mencantumkan
LINK SUMBER

0 komentar:

Poskan Komentar

Sorry om,,, Cuman koment RELEVAN en kaga' ada link aktifnya yang ane publis...